Friday, November 10, 2017

Keajaiban Kandungan ASI yang Harus Kita Tahu

Tags

Kandungan ASI. Sebelumnya saya sudah share tentang pengertian asi dan manfaatnya pada artikel sebelumnya. Pada kesempatan kali ini Ayunda mau share lagi tentang Keajaiban Kandungan ASI yang Harus Kita Tahu. Banyak para orang tua yang mengabaikan kandungan asi ini dan lebih memilih memberikan susu formula kepada bayinya.

Kandungan ASI adalah HAK ANAK


Saat bayi terlahir ke dunia,ada 3 hak anak yang harus dipenuhi oleh orang tuanya yaitu: Mendapatkan dekapan hangat seorang ibu, Mendapatkan ASI sebagai makanan pertamanya, dan orang tua yang cukup pengetahuan dan informasi dalam mengasuh dan merawatnya.

Tahukah bahwa ada 9 hak anak yang dimulai saat masih di dalam kandungan sebelum mereka lahir yaitu:
  1. Memiliki garis keturunan dan nasib yang baik
  2. Dijaga sejak dalam kandungan
  3. Membaca doa sebelum berjima' / berhubungan
  4. Memilih Ibu yang sholeha
  5. Mempersiapkan nama-nama yang baik dan indah yang terkandung doa yang baik
  6. Terlahir dari orang tua yang sah
  7. Dinafkahi serta diberikan rizqi yang halal oleh orang tua
  8. Selalu didoakan setiap saat
  9. Ibunya dimanjakan setiap hamil
Bagaimana bunda? apakah selama hamil dan setelah melahirkan sudah terpenuhi hak-hak anak kita?

Pengetahuan tentang ASI menjadi sangat penting bagi bunda dan suami karena ASI berperan sangat penting untuk sang buah hati.

Menurut Dr Giwo Rubianto Wiyogo salah seorang pemerhati perempuan dan anak mengatakan bahwa ASI harus diberikan ke anak karena ASI adalah hak anak. Beliau juga mengatakan bahwa "Anak memiliki hak sejak dari dalam kandungan, oleh karenanya seorang ibu harus memberikan ASI kepada bayinya setelah lahir," dikonfirmasi dalam acara Pekan ASI Se-Dunia 2014.
Keajaiban Kandungan ASI yang Harus Kita Tahu


Kandungan ASI

Mengapa seorang anak yang diberi ASI secara penuh memiliki imunitas yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan anak yang tidak diberi ASI? Karena ASI memiliki kandungan yang super lengkap bagi perkembangan bayi sesuai usianya.

Sebagus apapun susu formula di pasaran, tetap ASI yang lebih baik dan tidak tertandingi.

ASI mendandung lebih dari 200 unsunr pokok yang dibutuhkan bayi yaitu: zat putih telor, karbohidrat, vitamin, lemak, mineral untuk faktor pertumbuhan, hormon, zat kekebalan /imun, enzim, serta sel darah putih.

Kesemua zat yang terkandung di dalam ASI memiliki porsi yang seimbang antara satu dengan yang lain dan sangat sesuai dengan yang dibutuhkan bayi. Hal ini berbeda dengan susu formula yang setiap brand memiliki komposisi yang berbeda-beda.

ASI merupakan cairan hidup yang memiliki keseimbangan biokimia yang sangat tepat yang dapat diibaratkan sebuah simfoni nutrisi bagi pertumbuhan bayi dan anak. Oleh karenanya ASI tidak mungkin bisa ditiru oleh manusia sampai kapanpun.

Komposisi ASI berlainan dengan komposisi susu sapi, karena susu sapi disesuaikan dengan lanju pertumbuhan anak sapi sedangkan susu ibu disesuaikan dengan laju pertumbuhan anak manusia.

Mau jadi anak ibu apa mau jadi anak ..... hehe

Selain memiliki kandungan yang super lengkap yang sangat dibutuhkan oleh bayi, dengan menyusui akan mempererat hubungan batin antara ibu dan anak serta timbul ketergantungan bayi kepada ibunya.

Kandungan ASI dari hari ke hari


Ternyata ASI sejak pertama keluar sampai masa-masa tertentu mengalami perubahan komposisi. Hal ini menjawab tentang sesuainya kandungan ASI setiap tahap pertumbuhan bayi. Berikut 3 jenis komposisi asi (stadium laktasi) hari serta rentang waktunya.

1. Kolostrum (susu jolong)

Kolostrum adalah ASI yang keluar pada minggu pertama menyusui. Sejak ASI keluar hingga hari ke-4 atau sampai hari ke-7 merupakan jenis ASI Kolostrum. Kolostrum ini juga terkadang disebut "cairan emas" karena terkadang keluar berwarna kuning. Kebanyakan Ibu yang pertama melahirkan mengeluhkan ASI nya seret dan keluar sedikit pada hari pertama kedua setelah melahirkan. Sebenarnya meskipun asi yang keluar sedikit menurut kita, namun jumlah kolostrum yang terkandung sudah sangat sesuai untuk ukuran lambung bayi usia satu/ dua hari itu.

ASI jenis kolostrum ini mengandung sel darah putih yang snagat bermanfaat bagi bayi untuk membunuh kuman-kuman pernyakit di dalam tubuhnya.

Kolostrum juga sangat ideal sebagai pencahar untuk membersihkan zat-zat yang tidak terpakai di dalam usus bayi yang baru lahir serta untuk mempersiapkan saluran pencernaan makanan bayi untuk mendapatkan asupan makanan berikutnya.

Apa zat lain yang terkandung di dalam kolostrum? Kolostrum ini lebih banyak mengandung protein daripada jenis asi pada tahap berikutnya. Namun terdapat kandungan zat anti infeksi 1- sampai 17 kali lebih banyak daripada jenis asi pada tahap berikutnya. Kandungan karbohidrat dan lemak masih sedikit.

Volume kolostrum pada umumnya antara 150 ml sampai dengan 300 ml setiap 24 jam.

2. Air Susu Transisi / Peralihan

Merupakan air susu yang keluar sejak hari ke 4 atau hari ke 7 sampai dengan hari ke 10 atau hari ke 14. Merupakan jenis asi peralihan menuju asi matang.

Jika pada asi jenis kolostrum jumlah protein sangat tinggi, pada asi transisi ini jumlah protein berkurang, sedangkan karbohidrat dan lemak menjadi bertambah. Volume asi juga semakin meningkat.

3. Air Susu Matang

Merupakan ASI yangg keluar sejak hari ke 14 dan seterusnya hingga berhenti menyusui. Komposisi dari asi matang ini relatif stabil kandungannya.

Pada seorang ibu yang sehat dengan produksi asi yang cukup, ASI menjadi makanan pokok terbaik untuk bayi hingga usia 6 bulan (ASI Eksklusif).
Kandungan ASI per minggunya
image via fao.org


Perbedaan Kandungan ASI dari Menit ke Menit


Setiap menyusui baik pada tahap kolostrum hingga air susu matang, dari menit pertama sampai bayi melepas isapannya asi yang keluar memiliki perbedaan komposisinya, hal ini terlihat dari bentuk asi yang bening hingga putih keruh. Apa yang membedakannya? Berikut kami jelaskan satu persatu.

FOREMILK

Foremilk adalah ASI yang keluar setiap 5 menit pertama menyusui. Komposisi foremilk ditandai dengan bentuknya yang lebih encer.

HINDMILK

Setelah foremilk keluar muncullah hindmilk, bentuk hindmilk lebih tidak lagi encer seperti foremilk namun lebih putih pekat. Kandungan hindmilk 4 sampai 5 kali kandungan foremilk yang mana diyakini hindmilk inilah yang mengenyangkan bayi.

Oleh karenanya mohon ibu menyusui jangan terburu-buru melepas isapan bayi, tunggulah sampai anak benar-benar kenyang sampai melapas sendiri isapannya karena kandungan ASI yang lebih banyak terdapat pada hindmilk.

Berikut tabel perbedaan komposisi kolostrum, asi matang dan asi sapi

Compositions of Human Colostrum, Mature Breast Milk, and Cow’s Milk (g/L) (Table 3) Human colostrum Human breast milk Cow’s milk*
Total protein
23
11
31
Immunoglobulins
19
0.1
1
Fat
30
45
38
Lactose
57
71
47
Calcium
0.5
0.3
1.4
Phosphorus
0.16
0.14
0.90
Sodium
0.50
0.15
0.41

Proses Laktasi dalam kandungan asi

This figure shows the process of let down reflex, the process in which the brain receives sensory impulses to release the hormones necessary for producing and discharging milk to the suckling newborn.
Proses laktasi yang saling berkelanjutan, semakin banyak diisap bayi produksi asi terus meningkat, image via fao.org

Sekian penjelasan saya mengenai Kandungan ASI, semoga memberikan manfaat.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments