Thursday, November 9, 2017

Pengertian ASI : ASI Eksklusif dan Manfaat ASI

Tags

Pengertian ASI menjadi topik selanjutnya setelah kemarin kita membahas pengertian menyusui. Pada pembahasan kali ini kami akan berbagi definisi ASI, Kandungan ASI dan Manfaat ASI baik Ibu dan Bayi. Air Susu Ibu (ASI) yang melimpah sangat diharapkan oleh seorang Ibu yang telah melahirkan bayinya, karena ASI lah yang menjadi kebutuhan utama bayi saat itu.

Pengertian ASI : ASI Eksklusif dan Manfaat ASI
Ilustrasi menyusui ASI eksklusif, image via 123rf.com


Pemahaman mengenai ASI sangat diperlukan agar Ibu, Suami dan keluarga tidak salah dalam merawat bayi serta nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi sejak lahir hingga 2 tahun.

Pengertian ASI Menurut Soetjiningsih (1997), 
ASI adalah suatu emulsi lemak dalam larutan protein, laktosa dan garam–garam organik yang disekresi oleh kedua belah kelenjar payudara ibu, sebagai makanan utama bagi bayi.

Pengertian ASI menurut Riadi (1997),

ASI adalah makanan terbaik yang dibutuhkan oleh bayi semenjak lahir sehingga setiap bayi yang lahir berhak mendapatkan ASI.

Definisi ASI menurut Khrist (2011), 
ASI adalah makanan alami yang dibutuhkan oleh bayi yang didalamnya terkandung semua unsur vitamin, nutrisi serta mineral yang sangat bayi butuhkan untuk pertumbuhan selama enam bulan pertama, sehingga selama 6 bulan tersebut tidak ada makanan dan minuman yang lain selain ASI. ASI akan terus berproduksi hingga 2 tahun kehidupan bayi bahkan lebih.

Pengertian ASI menurut Saleha (2009),
ASI merupakan sebuah cairan dimana kandungannya dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi bayi dan berfungsi melindungi bayi dari berbagai penyakit dan melawan penyakit tersebut. ASI memiliki tingkat keseimbangan zat-zat gizi yang sangat baik dan bentuknya paling baik bagi bayi. Kandungannya yang sangat kaya akan sari makanan akan mempercepat pertumbuhan sel-sel di otak dan berkembanganya sistem syaraf dengan baik. Semua jenis makanan bayi dengan teknologi tercanggih saat ini tidak mampu menandingi kualitas dan keunggulan ASI.

Pengertian ASI menurut Welford (2008), 
ASI adalah suatu cairan hidup yang dapat berubah dan mampu memberikan respon terhadap kebutuhan bayi sesuai dengan tingkat pertumbuhannya.

Pengertian ASI menurut Maryunani (2012), 
ASI ialah sebuah cairan yang terbentuk dari lemak dan air yang berada di dalam larutan protein, laktosan dan garam-garam anorganik hasil sekresi dari kelenjar payudara ibu yang sangat bermanfaat sebagai makanan utama bayi sampai enam bulan atau lebih.

Pengertian ASI menurut Soetjiningsih (1997), 
ASI merupakan minuman yang sangat ideal yang dibutuhkan oleh bayi selama satu tahun kehidupannya. Selama 6 bulan pertama ASI menjadi makanan pokok (asi eksklusif) sehingga segeralah dan jangan menunda untuk memberikan ASI setelah bayi lahir (menyusui dini/ inisiasi dini).

Pengertian ASI menurut Roesli (2005) dalam Gultom (2009),

ASI tidak hanya sekedar makanan untuk bayi, namun ASI memiliki fungsi yang lebih karena memiliki sel-sel hidup seperti darah. Selain kandungan nutrisi yang sangat tinggi ASI juga mengandung sel darah putih serta zat antibodi. Karena terkandung sel darah putih maka ASI berfungsi sebagai nutrisi untuk pertahanan tubuh pada usia awal bayi.

Menurut Prasetyono (2012), Mengapa ASI diberikan kepada bayi?
Karena ASI mengandung banyak sekali manfaat dan kelebihan. Salah satu manfaatnya yaitu menurunkan risiko terjadinya penyakit infeksi pada bayi, ASI juga dapat menurunkan dan mencegah terjadinya penyakit non infeksi seperti penyakit kegemukan/ obesitas, kekurangan gizi, asma serta dapat meningkatkan IQ dan EQ anak serta menciptakan ikatan kasih sayang yang kuat antara ibu dan bayi. Menyusui akan memberikan perasaan terlindungi dalam pelukan dan dekapan ibu. Bayi juga dapat mendengar langsung setiap detak jantung ibunya serta merasakan kasih sayang langsung dengan sentuhan ibu.
Pengertian ASI
image via dreamstine.com

Pengertian ASI EKSKLUSIF


Pengertian ASI Eksklusif menurut Depkes RI (1998),
ASI eksklusif ialah memberikan ASI saja saat bayi umur 0–4 bulan tanpa memberikan makanan tambahan atau minuman apapun (termasuk air putih) kecuali obat.

Pengertian ASI Eksklusif menurut Wiji (2013), 
ASI Eksklusif adalah pemberian ASI saja kepada bayi selama 6 bulan pertama tanpa ada tambahan cairan / makanan apapun (tidak ada tambahan minuman : susu formula, air putih, madu, perasan jeruk, air teh serta makanan tambahan: pisang, bubur, bubur susu, nasi tim, biskuit dan lain-lain). Barulah setelah usia bayi lebih dari 6 bulan akan diberikan makanan tambahan pendamping asi. Setelah 6 bulan bayi tetap diberikan asi sampai 2 tahun namun sudah diberikan tambahan makanan.

Pengertian ASI Eksklusiv menurut Maryunani (2012), 
ASI Eksklusiv adalah pemberian air susu ibu selama enam bulan pertama tanpa memberikan minuman ataupun makanan selain ASI meskipun termasuk air bening, vitamin maupun obat.

Pengertian ASI Eksklusive menurut Roesli (2000),

Asi eksklusif adalah selama 6 bulan pertama bayi hanya diberikan ASI saja, tanpa ada tambahan cairan yang lain seperti sufor, madu, air putih, teh, perasan jeruk dan tidak diberikan makanan tambahan seperti pisang, pepaya, bubur, biskuit, nasi tim, dan lain-lain.

Manfaat ASI


Keuntungan dan manfaat ASI yang diberikan kepada bayi menurut Besar & Eveline (2008) :
  1. Didalam ASI terkandung antibodi (IgA) dan zat protein lainnya yang sangat penting untuk proteksi / pertahanan terhadap infeksi utamanya yang disebabkan oleh E.coli dan virus lainnya pada saluran pencernaan.
  2. ASI menjadi sumber nutrisi yang sangat banyak dan bermanfaat bagi pertumbuhan awal bayi.
  3. ASI sebagai sumber makanan yang tidak menimbulkan alergi.
  4. ASI sangat mudah dicerna oleh pencernaan bayi.
  5. ASI tidak mengandung patogen
  6. ASI dapat mencegah terjadinya necrotizing enterocolitis
  7. ASI membantu meningkatkan kecerdasaan dan perkembangan otak bayi karena mengandung hemat rantai panjang yang berfungsi untuk perkembangan jaringan otak.
  8. Dapat meningkatkan kemampuan melihat dan kepandaian bicara (Drife, 2004). 
 

Video Pengertian ASI






Demikian penjelasan singkat mengenai pengertian asi, asi eksklusif dan manfaat asi. Jika ada tambahan akan kami update kembali.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments